Percakapan Di Samping Gedung A

"Kok lo sialan banget sih dev baru cerita ini semua sekarang?"

"Gue gak mau cerita gue malah jadi burden buat kalian."

"Ini nih," Rizka mulai geleng-geleng, "lo tau gak apa sifat terburuk lo? Lo bertebaran di luar sana, sok-sok an masang muka bahagia, dengerin curhatan semua orang, sok-sok an nyemangatin semua orang, sok-sok an nyelesein masalah semua orang, ketika diri lo sendiri pun punya masalah. Lo juga butuh dibantu, dev, paling enggak lo juga butuh didengar."

"Iya, maaf, Riz..."

"Paling enggak cerita ke Chintya, dev."

Gue ketawa miris, "Gue gak akan cerita sama dua tipe orang riz. Orang yang lagi sibuk dan ringsung sama urusannya, kemudian sama orang yang lagi bahagia. Chintya lagi seneng banget akhir-akhir ini, riz, gue gak mau cerita gue malah ngeganggu dia. Gimana kalau nanti setelah dia denger cerita gue, dia malah sungkan buat nyeritain dan ngeluapin kebahagiaannya ke gue karena dia tau gue lagi gloomy? Gue gak mau riz."

"Ya udah at least cerita ke temen-temen lo yang lain. Sumpah dev lo harus berhenti mendem semuanya buat lo sendiri. Ini gak sehat."

"Ada sih riz orang yang pengen banget gue curhatin, tapi, ya, sibuk banget dia riz. Dia pun pasti udah ringsung sama semua problema dia sendiri. Demi Tuhan riz gue gak mau ngerepotin dia dengan cara dia harus dengerin gue curhat panjang lebar. Gue gak mau nambah burden dia. Lagian juga kayaknya dia gak nganggep gue sebagai orang yang close sama dia. Gue cuma selewat aja buat dia. Masa selewat kayak gue mau tiba-tiba curhat panjang lebar. Kagaklah. Lagian sumpah riz dia sibuk banget gue gak mau nambah burden dia."

"Devita, please stop. Lo terlalu sibuk memastikan orang lain baik-baik saja dan itu ngebuat lo selalu ended up jadi pihak yang justru enggak baik-baik saja, devita. Lo terlalu sibuk merhatiin orang lain ketika lo literally enggak sedikit pun merhatiin diri lo sendiri. Habis forkat kemarin, lo nangis senangis-nangisnya pas tau temen lo ada yang ketimpa musibah dan ketika lo sendiri yang kena, lo diem aja mendem buat diri lo sendiri. Gue gak ngerti lagi sama lo. Parah banget lo sumpah."

"Iya, riz, maaf..."

"Dev," Rizka ketawa kecil, "Berubah, ya, please. Lo harus mulai membiarkan orang lain untuk nyoba nolong lo. Care dan berkorban itu bagus, tapi lo juga harus ngasih kesempatan orang lain untuk care dan berkorban buat lo. Oke?"

"Aye, capt."


*


Percakapan suatu sore di samping gedung A setelah gue curhat panjang lebar sampai nangis sesenggukan ke Rizka, sambil nunggu hujan reda, 29 Februari 2016

Comments

Popular posts from this blog

Ramadan adalah Tentang Kembali Kepada Diri Sendiri

Laylatul Qadr: Malam Penuh Renungan

Berserikat di Tanah Rantau