Sesama Muslim Seharusnya Bersaudara, Iya Kan?



Jika kita ingin mengacaukan suatu sistem, kita memiliki dua pilihan. Kita kacaukan sistem tersebut dari luar atau kita hancurkan sistem tersebut dari dalam. Siapa di sini yang suka Marvel, cung! Pasti sudah pernah nonton film-film Avengers dong. Do you guys see how they have been torn apart from the inside? Civil War, istilahnya sih gitu. Selain itu, siapa di sini yang suka Gone With The Wind, cung! Di film itu juga diceritakan bagaimana Amerika sempat sangat terpuruk karena Civil War. Hebat ya efek penghancuran dari dalam. Ampuh. Sadis. Efektif.

Sekarang, kita bisa lihat juga bagaimana perang saudara sedang terjadi di dalam kalangan kaum Muslim. Berita mengenai perang-perang di timur tengah saya lihat paling 10 kali sehari di timeline twitter selama beberapa tahun terakhir. Tapi... sesama Muslim seharusnya bersaudara, iya kan? Iya gak sih?

Mungkin banyak kepentingan yang bertabrakan, yang tidak diungkap ke media internasional, di timur tengah sana. Pun gampang banget ya kita ngomentarin dari sini.

My hope is simple, semoga 'civil war' tersebut tidak berlangsung juga di tanah air. Sudah banyak pemicunya, tapi semoga kita tidak sebegitu mudahnya terpelatuq, ya. Mulai dari hal-hal kecil deh, jangan semudah itu mengkafirkan-kafirkan suatu kaum jika ilmu kita akan agama belum komprehensif. Semudah itu, teman-teman.

Karena, sesama Muslim seharusnya bersaudara, iya kan? :)

Comments

Popular posts from this blog

Laylatul Qadr: Malam Penuh Renungan

Ramadan adalah Tentang Kembali Kepada Diri Sendiri

Berserikat di Tanah Rantau