Jangan Kalah, Sayang. Ayo Makan.

hey,
so i have had eating problems for the past two months. i simply cannot eat. bukan karena sedang diet atau gimana, simply karena enggak ngerasa laper aja. pun ketika akhirnya makan, biasanya aku mual atau bahkan muntah [kalau yang ini kemungkinan besar karena maag].

there are some days di mana rasanya aku enggak peduli. ada beberapa minggu di mana aku makan cuma sehari sekali, simply because i'm not hungry and i don't care. berat badanku turun sampai 7 kilo. wah, seorang devita, yang defaultnya makan 4 kali sehari, bisa gak semangat makan? hey, gimana ceritanya?

but, let's focus on the effort to heal, ya, haha. jadi guys, kalau diturutin mah, gue bisa gak makan seharian. tapi itu gak baik, kan, buat tubuh? sehingga gue mulai berusaha untuk maksain diri gue buat makan. gak selera kek, gak ngerasa laper kek, atau kerasa mual kek, ayo pokoknya harus makan. gimana caranya?

sebenarnya, treatment buat masing-masing orang pasti beda. tapi, aku share caraku yaa, siapa tau bisa membantuuu.

caraku simple bgt, ada tiga, yaitu, 1. mulai dari berusaha makan makanan yang memang kamu suka, 2. makan makanan yang lebih 'berasa' dan 3. makannya sambil melakukan hal lain.

1. makan makanan yang memang kamu suka
kalau gue, misalnya, gue suka banget makan roti dan kentang. jadi ketika gue sedang berusaha makan, gue bakal maksain diri buat makan roti atau kentang. i mean, basically i love those two food anyway hehe. dikit-dikit aja makannya, yang penting perut keisi, oke sayang?

2. makan makanan yang lebih 'berasa'
nah, kalau di sini, konteksnya adalah tentang nasi. kalau di rumah lagi enggak ada roti atau kentang, misalnya memang cuma ada nasi putih dan lauk, gue bakal buat mereka lebih... berasa? hahaha gimana caranya? sesimple dengan bikin... nasi goreng haha. jadi misalnya di rumah ada lauk cumi atau ati ayam. jadi gue bikin deh nasi goreng cumi atau nasi goreng ati haha. yang penting jadi lebih berasa kan makanannya.

3. makannya sambil melakukan hal lain
makan aja enggak selera, terus kamu harus 'fokus' ke makan? hmm, that would make it even worse. nah, mungkin kamu bisa coba makan sambil melakukan sesuatu, atau sambil ngobrol sama seseorang, supaya kamu tidak 'fokus' ke kegiatan makanmu. kalau aku, biasanya aku makan sambil nonton YouTube, atau makan sambil ngobrol sama sepupu. it might sound like hal yang sepele but hey it works for me because i would actually eat.

okay, jadi itulah 3 hal kecil that actually helped me to eat. intinya guys, jangan kalah, ya. walau kamu gak ngerasa laper, walau kamu gak selera buat makan, walau kamu rasanya mual liat makanan, atau bahkan muntah ketika makan, pokoknya kamu gak boleh kalah, ya, kamu harus makan, oke?

i wish you the happiest thing in life, guys
and wishing you having the tastiest meal as well


- Cibinong City Mall, Bogor

Comments

Popular posts from this blog

Ramadan adalah Tentang Kembali Kepada Diri Sendiri

Laylatul Qadr: Malam Penuh Renungan

Berserikat di Tanah Rantau