Surat Motivasi Calon Anggota Independen BPM FMIPA UI 2017



            Nama saya Devita Olyviana Putri. Saya adalah mahasiswi Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) angkatan 2014 dan anggota Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) aktif FMIPA UI 2014. Pada Pemilihan Raya (Pemira) FMIPA UI 2016 ini, saya mencalonkan diri sebagai Anggota Independen dari fraksi Biologi di Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FMIPA UI 2017. Pencalonan diri yang saya lakukan didasari atas kegundahan para warga Departemen Biologi FMIPA UI yang sudah saya rangkum sehingga membuat saya ingin melakukan dua hal utama yaitu mengoptimalkan berbagai fungsi BPM FMIPA UI agar kebermanfaatan yang dihasilkan dapat lebih dirasakan secara nyata oleh warga Departemen Biologi FMIPA UI dan membentuk koordinasi yang lebih kooperatif dengan pihak Dekanat FMIPA UI agar segala fungsi BPM FMIPA UI dapat terealisasikan dengan lebih baik. Jika dua target saya tersebut dapat terlaksana dengan baik, maka segala kegiatan warga Departemen Biologi dapat berlangsung dengan lebih lancar.
            Anggota Independen BPM FMIPA UI akan menjalankan beberapa fungsi yaitu fungsi aspirasi, pengawasan, hukum, audit dan keuangan, serta pembinaan. Setelah melakukan wawancara dan diskusi dengan beberapa warga Departemen Biologi FMIPA UI dari berbagai angkatan di banyak kesempatan, hampir semua responden mengatakan bahwa mereka belum merasakan terlaksananya berbagai fungsi tersebut secara nyata di lingkungan Departemen Biologi FMIPA UI, khususnya di fungsi pengawasan dan aspirasi. Beberapa responden lain memberikan pernyataan bahwa sinergisasi antar lembaga di FMIPA UI tidak berjalan dengan baik padahal sinergisasi antar lembaga juga merupakan fungsi BPM FMIPA UI (contoh: terlaksananya MIPA Summit dengan baik). Hal tersebut menyebabkan jadwal antar program kerja yang dibuat oleh lembaga-lembaga di FMIPA UI tidak begitu ideal dan masih terjadinya bentrok. Hal-hal tersebut seharusnya dapat dicegah dan membuat saya ingin mengoptimalkan fungsi BPM FMIPA UI agar kebermanfaatan yang dihasilkan dapat lebih dirasakan secara nyata oleh warga Departemen Biologi FMIPA UI.
            Selain berhubungan langsung dengan unsur mahasiswa, berhubungan langsung dengan unsur dekanat untuk menjalankan berbagai fungsi yang sudah saya sebutkan di atas juga merupakan tugas BPM FMIPA UI. Menurut saya, BPM FMIPA UI 2016 sudah menjalankan tugas ini dengan cukup baik. Namun, koordinasi dalam menjalankan fungsi audit dan keuangan serta pembinaan masih dapat dioptimalisasi dengan lebih baik lagi. Pengoptimalisasian ini penting agar proses pengalokasian dana lembaga dapat berjalan dengan lebih lancar. Jika pengalokasian dana ini berjalan dengan lancar, maka program kerja yang dilakukan oleh lembaga juga dapat dioptimalkan dengan lebih baik sehingga kebutuhan warga Departemen Biologi FMIPA UI juga dapat terpenuhi secara optimal. Fungsi pembinaan juga perlu dioptimalkan agar program pembinaan yang dilakukan terhadap mahasiswa baru FMIPA UI juga dapat berjalan sebagaimana mestinya sehingga proses adaptasi mahasiswa baru dapat berjalan lebih lancar dan proses regenerasi kelembagaan juga dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut membuat saya ingin membentuk koordinasi yang lebih kooperatif dengan Dekanat FMIPA UI agar segala fungsi BPM FMIPA UI dapat terealisasikan dengan lebih baik.

            Saya memiliki keyakinan yang tinggi bahwa saya dapat terpilih menjadi salah satu Anggota Independen dari fraksi Biologi di BPM FMIPA UI 2017. Keyakinan saya didasari oleh pengalaman saya menjadi salah satu Badan Kelengkapan BPM FMIPA UI 2016 yaitu selaku Bendahara Umum BPM FMIPA UI 2016 sehingga saya sudah cukup paham mengenai seluk beluk BPM FMIPA UI. Saya juga memiliki keinginan untuk belajar yang tinggi agar saya dapat menjadi Anggota Independen yang amanah serta mampu menjalankan fungsi-fungsi BPM FMIPA UI secara optimal. Selain itu, saya memiliki kemampuan komunikasi dan teamwork yang baik. Saya tidak akan sendirian di BPM FMIPA UI 2017 sehingga saya yakin segala peningkatan dapat berlangsung dengan baik. Ketika pengalaman dan keinginan untuk terus belajar dijaga dengan baik, saya yakin target-target saya sebagai calon Anggota Independen BPM FMIPA UI 2017 akan tercapai dan kebermanfaatan tersebut dapat sampai kepada warga Departemen.Biologi FMIPA UI.

Comments

Popular posts from this blog

Ramadan adalah Tentang Kembali Kepada Diri Sendiri

Laylatul Qadr: Malam Penuh Renungan

Berserikat di Tanah Rantau