Walk The Talk: Menjalankan Shahada

 Shahada adalah pernyataan keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya, yang berbunyi,

“Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah.”

 

Saking pentingnya shahada, umat Islam terus diingatkan akan keyakinan dasar tersebut melalui bacaan syahadat di setiap adzan, iqamah, dan sholat 5 waktu.

 

Dalam hati dan kesadaran, umat Islam insyaAllah sudah yakin betul bahwa benar ‘tidak ada Tuhan selain Allah.’ Namun, sudahkah keyakinan itu diimplementasikan dalam bentuk perilaku?

 

Meyakini bahwa tidak ada Tuhan selain Allah berarti mendahulukan Allah dalam setiap pengambilan keputusan dalam hidup. ‘Jika aku berlaku seperti ini, apakah Allah akan ridho?’ Mentalitas seperti itu harus senantiasa kita pelihara dan jalankan.

 

Salah satu ayat Al-Qur’an yang paling aku suka adalah ayat terakhir Al-Kahfi, "Katakanlah (Nabi Muhammad), 'Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu yang diwahyukan kepadaku bahwa Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Siapa yang mengharapkan pertemuan dengan Tuhannya hendaklah melakukan amal saleh dan tidak menjadikan apa dan siapa pun sebagai sekutu dalam beribadah kepada Tuhannya'."

 

Umat Islam disarankan membaca Al-Kahfi setiap Jum’at, salah satunya agar ingat bahwa jika umat Islam mengharapkan pertemuan dengan Allah, maka ada dua hal utama yang perlu dilakukan, yaitu beramal saleh dan tidak menyekutukan Allah.

 

Kemudian, umat Islam wajib meyakini bahwa Muhammad SAW adalah Utusan Allah SWT. Berbeda dengan para Nabi sebelumnya yang diutus hanya untuk kaumnya masing-masing, Rasulullah SAW diutus oleh Allah untuk seluruh umat manusia.

 

Salah satu cara terbaik untuk menjalankan keyakinan bahwa Muhammad SAW adalah Utusan Allah SWT adalah dengan menjadikan Rasul sebagai teladan utama. Tentu saja umat manusia tidak ada yang sempurna, namun itu bukan alasan untuk tidak mengusahakan implementasi kedisiplinan, perjuangan, dan kepribadian Muhammad SAW.

 

Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan hati untuk benar-benar menjalankan dan mempraktikan shahada dalam kehidupan sehari-hari, karena bentuk cinta terbaik kepada Allah SWT dan Muhammad SAW adalah yang ditunjukkan dalam sikap dan perilaku.


Adelaide, 28 Februari 2024

Comments

Popular posts from this blog

Ramadan adalah Tentang Kembali Kepada Diri Sendiri

Laylatul Qadr: Malam Penuh Renungan

Berserikat di Tanah Rantau