Ted-Ed, "What is depression?"

dua akun yang paling sering gue tonton di youtube adalah ted-ed dan snl. dua-duanya adalah bawaan kebiasaan waktu gue di amerika; karena gue suka nonton snl di tv dan karena gue suka animasi yg berfaedah ala ted-ed.

somehow, hari ini gue came across an old video dari ted-ed, yaitu video ted-ed yang 'what is depression?' i have watched this video years ago but somehow it popped up on again on my account. akhirnya tadi gue rewatched video itu dan.... i hate to admit that every. single. words. that. are. delivered. in the. video. are. all. super. true. and. accurate... i hate to admit that but that's the truth. semua kata dan informasi yang disampaikan bener-bener mewakili kondisi gue dan apa yang gue rasain. mewakili banget kondisi gue yang sangat enggak bisa gue jelasin ke orang-orang sekitar gue, karena, percuma, menurut gue mereka enggak akan paham, kan? people who never experienced clinical depression will never understand how it feels like... dan pasti melelahkan juga buat mereka kalau mereka paksain diri buat mengerti.

this is the video



ps:
a little addition:
semua video, tweet atau opini tentang depresi yang gue came across selama ini, hampir selalu bilang hal yang sama; yaitu bahwa it is clinical and that people in this world has to realize that this is clinical jadi enggak ada bedanya sama penyakit fisik.

tapi, just like i said before, mereka yang enggak pernah ngerasain clinical depression will not understand how it feels. jadi, percuma juga kalau mereka dituntut harus paham. this world will not care and slow down anyway. lagipula, pasti capek kalau harus membersamai atau memahami mereka yang punya clinical depression. jadi, percuma aja, menurut gue, kalau mereka harus dituntut harus paham

because in the end of the day, they will not understand how physically painful it is and it literally kills you slowly

Comments

Popular posts from this blog

Ramadan adalah Tentang Kembali Kepada Diri Sendiri

Laylatul Qadr: Malam Penuh Renungan

Berserikat di Tanah Rantau